Senin, 18 Juli 2011

Bersama SKB Pekalongan membangun PNFI

SELAMAT DATANG DI SITUS KAMI....

Situs ini kami maksudkan untuk menjalin hubungan komunikasi yang akrab dengan para pendidik pendidikan nonformal dan informal (PNFI). Baik Pendidik yang berstatus PNS ( seperti; Penilik PNFI, Pamong Belajar), dan Pendidik yang bukan PNS (seperti; Tutor, fasilitator, fasilitator binaan desa intensif /FDI, Tenaga Lapangan Dikmas/TLD, Nara Sumber Teknis/NST, Pendidik PAUD/Pamong PAUD, Pengelola PKBM, dan Pendidik Kursus.

Kami berharap untuk bergabung juga satuan pendidikan Nonformal dan informal (PNFI) seperti: 
1.  SKB (Sanggar Kegiatan Belajar) seluruh Indonesia
2.  PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat)
3.  KB (Kelompok Bermain)
4.  TPA (Tempat Penitipan Anak)
5.  SPS (Satuan PAUD Sejenis)
6.  POKJAR (Kelompok Belajar)
7.  LPK (Lembaga Pendidikan Kejuruan)
8.  LKP (Lembaga Kursus dan Pelatihan)
9.  B3 (Balai Belajar Bersama)
10. MT (Majlis Ta'lim)
11. TPQ (Taman Pendidikan Qur'an)
12. MADIN (Madrasah Dinniyah)
13. PONPES (Pondok Pesantren)


Pendidikan nonformal diselenggarakan bagi warga masyarakat yang memerlukan layanan pendidikan yang berfungsi sebagai pengganti, penambah, dan/atau pelengkap pendidikan formal dalam rangka untuk mendukung pendidikan sepanjang hayat. Pendidikan Non Formal (PNF) meliputi pendidikan kecakapan hidup, pendidikan anak usia dini, pendidikan kepemudaan (kelompok minat pemuda, kelompok pemuda produktif), pendidikan pemberdayaan perempuan, pendidikan keaksaraan, pendidikan keterampilan dan pelatihan kerja (kursus, magang, KBU), pendidikan kesetaraan (Paket A, B, dan C), serta pendidikan lain yang ditujukan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik. Semua jenis pendidikan tersebut dapat diselenggarakan di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB).

Situs ini kami persembahkan dengan harapan kita semua sebagai pendidik, pembina dan pengelola pendidikan nonformal dan informal (PNFI), mampu memberi sumbangan terhadap persoalan besar pendidikan di Indonesia, yakni demokratisasi dalam kesempatan memperoleh pendidikan yang bermutu. Dalam pembangunan pendidikan nonformal dan informal (PNFI) dewasa ini dan masa yang akan datang masih banyak tantangan yang memerlukan pemikiran, upaya nyata, dan kerja keras. Dibidang sasaran garap PNFI, mutu program PNFI hanyalah slogan yang selalu digembar-gemborkan oleh pejabat karena nilainya miliaran rupiah tetapi hasilnya tidak sampai mengena pada rakyat banyak. Dibidang peningkatan mutu tenaga pendidik dan kependidikan PNFI, tidak ada lembaga yang berwenang dan bertanggungjawab terhadap peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan program PNFI, apalagi memikirkan karier, dan masalah sertifikasi pendidik di pendidikan nonformal dan informal.

Semoga melalui situs ini kita bisa memberikan sumbangan pada pembangunan pendidikan nasional pada umumnya dan melalui pendidikan nonformal dan informal pada khusunya. Amiiin.........!
selamat datang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar